SEJARAH DESA TAMBONG

  08 Maret 2017  |  DESA TAMBONG

Sejarah Desa

Sejarah atau asal usul Desa Tambong, dimulai dengan berkumpulnya sekelompok orang / keluarga yang konon dimulai pada tahun 1845 untuk membuka lahan pemukiman dan pertanian baru di wilayah tersebut yang berasal dari kepatihan Banyuwangi, Banten, Ponorogo, Magelang, Pasuruan demi kelangsungan kehidupan garis keturunan mereka.

Seiring dengan perkembangan waktu, pemukiman tersebut berkembang menjadi sebuah perkampungan yang terdiri dari dua kelompok pemukiman besar ;pemukiman sebelah barat dinamakan Onggojoyo (yang pada akhirnya lebih dikenal dengan nama Kejoyo) dan pemukiman sebelah timur diberi nama Tambong dipisahkan oleh jalan dan di pimpin oleh kepala kampung yang cukup disegani pada waktu itu.

Nama Tambong disematkan pada kampung tersebut karena dilatar belakangi sejarah, konon pada waktu itu banyak ditemukan bibit – bibit tanaman yang lebih dikenal / disebut Tombong (dalam bahasa Banyuwangi). Namun secara harfiah, nama tersebut disematkan dilatarbelakangi sejarah kemunculan pemukiman yang dimulai dari keinginan segelintir orang/ keluarga untuk memulai hidup baru (benih – benih perkampungan) sampai kemudian dapat kita temui sekarang Wilayah Desa Tambong dihuni lebih dari 3000 jiwa penduduk yang terdiri atas 3 wilayah dusun yaitu ; Dusun Krajan, Dusun Kejoyo, Dusun Kebonsari

 ( Narasumber : Sesepuh Desa Tambong )

Sejarah Pembangunan Desa

Sejarah berdirinya Desa Tambong sebagian besar masyarakat tidak mengetahui dengan pasti , adapun Pembangunan Desa Tambong akan kami jelaskan pada bagian tersendiri .

Desa Tambong membawahi 3 ( Tiga ) Dusun / secara Administratif terbagi menjadi 3 Dusun sebagaimana tersebut dibawah :

1 . Dusun Krajan

2 . Dusun Kejoyo

3 . Dusun Kebonsari

Adapun arti atau makna dari nama – nama Dusun yang ada di Desa Tambong / sejarah asal usul berdirinya Dusun – Dusun yang ada di Desa Tambong adala sebagai berikut :

Dusun Krajan

Nama Dusun Krajan sama dengan Kerajaan yaitu Pusat Pemerintahan / mengepalai beberapa Dusun

Dusun Kejoyo

Dusun ini berkaitan erat dengan tokoh spiritual, orang-orang kuat ( Joyo ) dalam bahasa jawa JOYO artinya Kuat. Dengan Harapan juga semoga semua warga yang bermukim di Dusun tersebut rukun ten tram dan damai Kuat dalam membina kegotong royongan dll.

Dusun Kebonsari

Dusun ini juga ada kaitannya dengan Dusun Krajan dan Dusun Kejoyo, orang – orang yang ekonominya menengah keatas rata – rata mempunyai Hewan Ternak .Hewan ternak mereka dikandangkan di Dusun Kebonsari.

Kebon Artinya Kebun/ Hutan yang sudah diambah manusia dan di tanami Oleh Tanaman Palawija dll , rumput yang sangat tebal di daerah ini Memudahkan Masyarakat Kebonsari untuk mencari pakan Ternak antara lain Rumput, Ramban dll sehingga masyarakat Kebonsari sangat senang Karena mudahnya untuk mencari pakan ternaknya, menggembalakan hewan ternaknya di daerah tersebut sehingga dibabad menjadi sebuah Dusun yang akhirnya Dusun tersebut dinamakan Dusun Kebonsari .

Contact Details

  Alamat :   Jln. Raya Licin No. 01 Desa Tambong Kecamatan Kabat - Banyuwangi 68461
  Email : desatambong@gmail.com
  Telp. :
  Instagram : pemdestambong
  Facebook : pemdestambong
  Twitter : @pemdestambong


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi